Arti kitaaba pada Al-Quran Online ini, ajakan untuk mendalami AlQuran sambil mencari ridho dan cinta Allah semata
<<<==ayat berikutnya

Al-Baqarah ayat ke 101

ayat sebelumnya ===>>

وَلَمَّا جَآءَهُمْ رَسُولٌ مِّنْ عِندِ الـلَّـهِ مُصَدِّقٌ لِّمَا مَعَهُمْ نَبَذَ فَرِيقٌ مِّنَ الَّذِينَ أُوتُوا۟ الْكِتَٰبَ كِتَٰبَ الـلَّـهِ وَرَآءَ ظُهُورِهِمْ كَأَنَّهُمْ لَا يَعْلَمُونَ

Setiap Huruf arab ini dapat diklik untuk diperdalam maknanya

Kajian kata كِتَٰبَ pada surat 2.Al-Baqarah ayat ke 101
Juz ke : 1 Halaman : 15 Baris ke : 15 pada mushaf Quran Madinah
Bacaan dalam tulisan arab latin kitâba
Arti kata kitâba ( كتاب )kitab/catatan
Jumlah pemakaian kata كِتَٰبَ5 kali. Rinciannya ada disini
Kata dasar dari kata كِتَٰبَ tersusun dari suku kata ك-ت-ب

Penggunaan kata dasar ك-ت-ب ini pada AlQuran ada di sini

Jumlah pemakaian pola kata
ك-ت-ب pada AlQuran
319 kali.

Dipakai untuk kata kerja sebanyak : 51 kali. Rinciannya ada disini

Dipakai untuk kata benda sebanyak : 268 kali. Rinciannya ada disini

Jumlah variasi pemakaian kata dasar ك-ت-ب pada AlQuran61 macam. Rinciannya ada disini
Makna dari kata dasar ك-ت-ب Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna kata pulpen, kandang, catatan, rekor, piringan hitam, ingatan, piring hitam, daftar, pencatatan, register, buku daftar, buku pencatatan, tingkat nada, konsep, draf, aliran udara, wesel, wajib militer, bagan, konsepsi, daya muat, sarat muat, naskah isi, teguk, surat wesel, anggitan, angin jujut, skema, rang, skets, publikasi, penerbitan, pengeluaran, terbitan, cetakan, pengumuman, siaran, lubang pengatur panas, bolpen, penjara.
Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna kata menulis, mengarang, menggubah, menuliskan, mencatat, mencatatkan, menjalin, memperjalin, mengurung, merekam, catat, mengingatkan, mendaftarkan, menunjukkan, menunjuk, menyatakan, menyusun, menyelesaikan, menenangkan, menciptakan, mencipta, melerai, mengarangkan, mengikat, menganggit, mengumpulkan, menghimpun, menentukan, menetapkan, memberi resep, menyuruh, menyurati, menggoreskan, mengesankan, memahatkan, memasukkan, memasuki, menyertai, masuk, mengikuti, ikut serta, mengambil bagian, mencantumkan, memulakan, memulai, mengajukan, menginjak, menarik, mengambil, mengulur, mempertarikkan, mendesak untuk berbicara, membuat bagan, memanggil wajib militer, memilisikan, mengisi dokumen, mengharuskan untuk memakai, menulis resep obat, menganggap.
Kajian kata كِتَٰبَ ditinjau dari aspek tata bahasa :

1 kata benda : kata كِتَٰبَ termasuk dalam jenis kata benda.

adapun yang dimaksud dengan kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu, kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

2 kata benda tanpa berakhiran tanwin (n) : kata كِتَٰبَ ini merupakan jenis kata benda yang berakhiran tanpa tanwin, kata benda tanpa akhiran tanwin ini dapat memiliki akhiran a ( َ ), i ( ِ ) atau u ( ُ ). untuk kata benda ini, akhiran yang digunakan adalah a (fatchah). bentuk akhiran (apakah berakhiran a,i atau u), hal ini tergantung pada kata sebelumnya. akhiran a (fatchah) disebabkan karena kata sebelumnya menggunakan kata yang menyebebakan kata berikutnya berakhiran fatchah.

3 Mudhaf : Merupakan kata kepemilikan yaitu sesuatu yang dimiliki, dalam hal ini kata كِتَٰبَ merupakan sesuatu yang dimiliki oleh kata berikutnya (mudhaf ilaih) yaitu الـلَـهِ. Sehingga gabungan dari kataكِتَٰبَ الـلَـهِ bermakna kitab/catatan (nya) Allah

Disclaimer / penafian