Al-Quran Online ini, ajakan untuk mendalami AlQuran sambil mencari ridho dan cinta Allah semata
<<<==ayat berikutnya

Al-Maidah ayat ke 27

ayat sebelumnya ===>>

وَاتْلُ عَلَيْهِمْ نَبَأَ ابْنَىْ ءَادَمَ بِالْحَقِّ إِذْ قَرَّبَا قُرْبَانًا فَتُقُبِّلَ مِنْ أَحَدِهِمَا وَلَمْ يُتَقَبَّلْ مِنَ الْاَخَرِ قَالَ لَأَقْتُلَنَّكَ قَالَ إِنَّمَا يَتَقَبَّلُ الـلَّـهُ مِنَ الْمُتَّقِينَ

Setiap Huruf arab ini dapat diklik untuk diperdalam maknanya

Kajian kata الْمُتَّقِينَ pada surat 5.Al-Maidah ayat ke 27
Juz ke : 6 Halaman : 112 Baris ke : 8 pada mushaf Quran Madinah
Bacaan dalam tulisan arab latin almuttaqîna
Arti kata almuttaqîna ( المتقين )orang-orang yang bertakwa
Jenis kata الْمُتَّقِينَkata benda pelaku aktif

Pemakaian jenis kata ini pada AlQuran ada di sini

Jumlah pemakaian kata الْمُتَّقِينَ23 kali. Rinciannya ada disini
Kata dasar dari kata الْمُتَّقِينَ tersusun dari suku kata و-ق-ي

kata dasar و-ق-ي ini huruf hijaizah yang pertama yaitu و yang bisa berubah menjadi ا atau ء atau و atau ى atau tidak ada sama sekali. tergantung polakata (wazan) yang digunakannya.

kata dasar و-ق-ي ini huruf hijaizah yang ketiga yaitu ي yang bisa berubah menjadi ا atau ء atau و atau ى atau tidak ada sama sekali. tergantung polakata (wazan) yang digunakannya.

Penggunaan kata dasar و-ق-ي ini pada AlQuran ada di sini

Jumlah pemakaian pola kata
و-ق-ي pada AlQuran
258 kali.

Dipakai untuk kata kerja sebanyak : 190 kali. Rinciannya ada disini

Dipakai untuk kata benda sebanyak : 68 kali. Rinciannya ada disini

Jumlah variasi pemakaian kata dasar و-ق-ي pada AlQuran58 macam. Rinciannya ada disini
Makna dari kata dasar و-ق-ي Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna kata tempat perlindungan, lindungan, naungan, keteduhan, gubuk, pernaungan, naung, jambar, surukan, deking, bumbun, jerumun, aling-aling, cagar, selai, suaka alam, suaka margasatwa, sele, konserven,usaha perlindungan, jaminan, usaha penjagaan, surat pas jalan, jaminan keamanan dalam perjalanan.
Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna kata berlindung, bernaung, melindungi, bersembunyi, menyembunyikan, memberi naungan, memberi tempat, menginap, melindungkan, memperlindungkan, memperlindung, menjaga, melindungi, menjamin, melindungkan, mempertahankan, mengamankan, mengawetkan, memelihara, melanggengkan, jaga, mengasamkan, membuat tahan lama, menyimpan, memelihara, menahan, memegang mematuhi, menepati, memenuhi, memperhatikan, merayakan, memperturuntukan, memperteguh, memperteguhkan, mempergantungi, menunjukkan, tahan lama, tinggal, simpankan, mengongkosi, membiayai, menghidupi, merayakan, memperhatikan, turut, mentaati. membela, menyentosakan.
Kajian kata الْمُتَّقِينَ ditinjau dari aspek tata bahasa :

1 gender laki-laki : kata ٱلْمُتَّقِينَ ini digolongkan dalam kata untuk jenis kelamin laki

2 memiliki kata sandang al : kata sandang al ( اَل ). yang melekat pada kata benda ٱلْمُتَّقِينَ ini memberikan arti bahwa kata benda yang ditunjuk telah jelas, atau paling tidak bahwa kata benda ini pernah dibahas atau diketahui dengan jelas. awalan al ( اَل ) ini dalam bahasa inggris adalah kata sandang the. setiap kata yang menggunakan kata sandang al ( اَل ) tidak pernah memiliki akhiran dengan tanwin.

3 kata benda jamak laki-laki : kata ٱلْمُتَّقِينَ ini merupakan kata benda untuk jamak laki-laki

4 kata benda pelaku aktif : kata ٱلْمُتَّقِينَ ini masuk dalam jenis kata benda pelaku aktif yang sedang malakukan pekerjaan atau menyelesaikan pekerjaan. adapun ciri adalah ada imbuan mu ( مُ )pada konsonan pertama dari kata dasarnya

5 Memiliki kata depan : kata ٱلْمُتَّقِينَ ini berakhiran kasrah, karena diawali dengan kata depan ( مِنَ )

Disclaimer / penafian