Al-Quran Online ini, ajakan untuk mendalami AlQuran sambil mencari ridho dan cinta Allah semata
<<<==ayat berikutnya

An-Nisa ayat ke 46

ayat sebelumnya ===>>

مِّنَ الَّذِينَ هَادُوا۟ يُحَرِّفُونَ الْكَلِمَ عَن مَّوَاضِعِهِۦ وَيَقُولُونَ سَمِعْنَا وَعَصَيْنَا وَاسْمَعْ غَيْرَ مُسْمَعٍ وَرَٰعِنَا لَيًّۢا بِأَلْسِنَتِهِمْ وَطَعْنًا فِى الدِّينِ وَلَوْ أَنَّهُمْ قَالُوا۟ سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا وَاسْمَعْ وَانظُرْنَا لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ وَأَقْوَمَ وَلَٰكِن لَّعَنَهُمُ الـلَّـهُ بِكُفْرِهِمْ فَلَا يُؤْمِنُونَ إِلَّا قَلِيلًا

Setiap Huruf arab ini dapat diklik untuk diperdalam maknanya

Kajian kata سَمِعْنَا pada surat 4.An-Nisa ayat ke 46
Juz ke : 5 Halaman : 86 Baris ke : 3 pada mushaf Quran Madinah
Bacaan dalam tulisan arab latin sami'nâ
Arti kata samiXnâ ( سمعنا )(kami) dengar
Jenis kata سَمِعْنَاkata kerja aktif bentuk lampau

Pemakaian jenis kata ini pada AlQuran ada di sini

Jumlah pemakaian kata سَمِعْنَا16 kali. Rinciannya ada disini
Kata dasar dari kata سَمِعْنَا tersusun dari suku kata س-م-ع

Penggunaan kata dasar س-م-ع ini pada AlQuran ada di sini

Jumlah pemakaian pola kata
س-م-ع pada AlQuran
185 kali.

Dipakai untuk kata kerja sebanyak : 109 kali. Rinciannya ada disini

Dipakai untuk kata benda sebanyak : 76 kali. Rinciannya ada disini

Jumlah variasi pemakaian kata dasar س-م-ع pada AlQuran65 macam. Rinciannya ada disini
Makna dari kata dasar س-م-ع Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna kata bunyi, kesan, selat, sehat, kuat, masuk akal, logis, nyenyak, pemogokan, serangan, sambaran, penemuan, pukul, rintangan, halangan, segar, segar bugar, bijaksana, pendengaran, pemeriksaan.
Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna kata mendengar, dengar, mendengarkan, mengadili, mengetahui, mendapat kabar dr, menerima surat dr, mengizinkan, berbunyi , membunyikan, mengucapkan, mengenai, menduga, memeriksa, mengunting, melihat, memahami, mencamkan, memanggil, menyanyi, menyelam dalam-dalam, menyerang, membentur, mogok, memukul, mencetak, menyambar, menabrak, mencoret, menggeret, menggores, mencoreng, menghantam, menumbuk, menampar, mencapai, menemukan, makan, membongkar, menghapuskan, memukulkan, memperpukul, memperpukulkan, menghantamkan, melekatkan, melanggar, menggayung, mengesankan, memperkesankan, menyebabkan, mendatangkan, mengambil, memukul-mukul.
Kajian kata سَمِعْنَا ditinjau dari aspek tata bahasa :

1 gender laki-perempuan : kata سَمِعْنَا ini digunakan untuk laki-laki dan perempuan berdua, dapat keduanya laki-laki, keduanya perempuan atau campuran laki-dan perempuan. hal ini ditandai dengan adanya konsonan â pada konsonan_k3 nya

2 kata kerja bentuk lampau : kata سَمِعْنَا merupakan bentuk kata kerja yang menerangkan pekerjaan yang telah terjadi atau telah dilakukan pada masa lampau, dan sekarang sudah tidak dilakukan lagi.

3 kata kerja aktif : kata سَمِعْنَا ini tergolong kata kerja aktif, artinya subyeknya melakukan pekerjaan

4 subyek pelaku : kata سَمِعْنَا ini merupakan jenis kata kerja yang memiliki subyek kami. kata kami terkadang digunakan pula untuk menerangkan kata pertama tunggal (aku) yang diungkapkan dalam bahasa halus.

Disclaimer / penafian