Download Syarah Riyadhush Shalihin

6/25/2015


Riyadhush Shalihin, artinya taman orang-orang shalih ialah sebuah kitab yang berisi hadits-hadits Nabi Muhammad Saw. yang disusun oleh Imam Abu Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawy (Imam Nawawi).

Pertama, isi kandungannya yang memuat bimbingan yang dapat menata dan menumbuhkan jiwa serta melahirkan satu kekuatan yang besar untuk berhias dengan ibadah yang menjadi tujuan diciptakannya jiwa tersebut dan mengantarnya kepada kebahagiaan dan kebaikan, karena kitab ini umum meliputi Targhib dan Tarhib serta kebutuhan seorang muslim dalam perkara agama, dunia dan akhiratnya. Kitab ini adalah kitab tarbiyah(pembinaan) yang baik yang menyentuh aneka ragam aspek kehidupan individual (pribadi) dan sosial kemasyarakatan dengan uslub (cara pemaparan) yang mudah lagi jelas yang dapat dipahami oleh orang khusus dan awam.
Dalam kitab ini penulis mengambil materinya dari kitab-kitab sunnah terpercaya seperti Shohih al-BukhoriyMuslimAbu DaudAn Nasaa’iAt TirmidziyIbnu Majah dan lain-lainnya. Beliau berjanji tidak memasukkan ke dalam bukunya ini kecuali hadits-hadits yang shohih dan beliau pun menunaikannya sehingga tidak didapatkan hadits yang lemah kecuali sedikit itu pun kemungkinan menurut pandangan dan ilmu beliau adalah shohih.
Kedua, tingginya kedudukan ilmiah yang dimiliki pengarang Riyadhush Shalihin ini diantara para ulama zamannya karena keluasan ilmu dan dalamnya pemahaman beliau terhadap sunnah Rasulullah.
Kitab Riyadhush Shalihin ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki kitab selainnya dari kitab-kitab Sunnah dan dia benar-benar bekal bagi penasihat, permata bagi yang menerima nasihat, pelita bagi orang yang mengambil petunjuk dan taman orang-orang sholih. Hal inilah yang menjadi sebab mendapatkan kedudukan yang tinggi di kalangan ulama sehingga mereka memberikan syarah, komentar dan mengajarkannya di halaqoh-halaqoh mereka.
Akhirnya tidak dapat dipungkiri, kitab ini termasuk kitab yang paling banyak tersebar dan dimiliki sehingga kemasyhurannya telah melangit dan mendapatkan kedudukan yang tinggi di kalangan orang-orang khusus dan awam, dan cukuplah (sebagai bukti) umumnya masjid menjadikannya sebagai bahan bacaan yang dibacakan kepada makmum setelah sholat atau sebelumnya.
Imam Nawawi memberikan keistimewaan dalam tertib dan pembuatan bab pembahasan, beliau membaginya menjadi beberapa kitab dan kitab-kitab ini dibagi menjadi beberapa bab lalu menjadikan kitab sebagai judul bagi hadits-hadits yang ada di dalam bab-bab yang banyak dari satu jenis dan menjadikan bab sebagai judul bagi sekelompok hadits yang menunjukkan satu permasalahan khusus.
Kitab ini terdiri dari 17 kitab, 265 bab dan 1897 hadits, beliau membuka mayoritas babnya dengan menyebut ayat-ayat dari Al Quran yang sesuai dengan pembahasan hadits yang ada lalu membuat tertib dan bab yang saling berhubungan sehingga kitab ini bisa mengalahkan selainnya dari kitab-kitab yang serupa dengannya. (Lihat Muqaddimah Syarhu Riyadhush Shalihin, karya: Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin, oleh: Prof. Dr. Abdullah bin Muhammad bin Ahmad ath-Thoyaar, cetakan pertama tahun 1415/1995).
Demikianlah keistimewaan kitab ini sehingga sudah selayaknya mendapatkan perhatian dari setiap muslim yang ingin membina dirinya menuju ketakwaan.
Akhirnya, tak ada gading yang tak retak dan tidak ada seorang pun yang lolos dari kesalahan. Oleh karena itu tegur sapa dan nasihat senantiasa diharapkan dan mudah-mudahan semua ini menjadi amal sholih dan bekal yang baik menuju hari pembalasan.

Silahkan di Download :
Syarah Riyadhush Shalihin Jilid 1 : http://www.mediafire.com/?5pt1nwnpt294f2z
Syarah Riyadhush Shalihin Jilid 2 : http://www.mediafire.com/?1caf1nr0f0fod1v
Syarah Riyadhush Shalihin Jilid 3 : http://www.mediafire.com/?g0uny1i2krd3f7b
Syarah Riyadhush Shalihin Jilid 4 : http://www.mediafire.com/?5ca9n70urbax2zd
Syarah Riyadhush Shalihin Jilid 5 : http://www.mediafire.com/?35kqp44rcpjloaw

Semoga bermanfaat !

muslim.or.id
kampungsalaf.wordpress.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 comments

Write comments
20 April 2016 21.58 delete

akhi...gimana cara nyedot sarah riadushsholihinnya kok gak bisa ya? nuhun

Reply
avatar
23 Juli 2016 16.50 delete

halamannya banyak yang di lompati sdh banyak yg di sadur ga berurutan

Reply
avatar
12 Agustus 2016 11.05 delete

mohon izin downloadnya..jazakallohu khairan..smoga bermanfaat dan barakah

Reply
avatar
2 Desember 2016 15.50 delete

syukuran wajajakumullahu kahir

Reply
avatar
19 Desember 2016 11.01 delete

Terima kasih... Alhamdulillah saya bisa download, saya pakai IDM tapi bersabar, usahakan jaringan internet bagus...

Reply
avatar